Tentang Film (Searching & The Commuter)

Selain anime, saya juga suka nonton film dan tujuannya supaya saya ga kepikiran hal negatif terus terusan. Saya gamaulah biarin pikiran saya nganggur sama hal yang gak jelas. Gitu.

Sebenarnya saya gak terlalu yang gimana soal film. Soalnya ke bioskop aja jarang, download pun juga jarang banget (karena sizenya ga karu karuan), dan yang paling penting, saya gak berlangganan netflix haha lol.

Lagipula saya ngerasa tanpa film pun saya masih bisa hidup, paling saya gabisa hidup tanpa sensei di dalam saya (halah).

Sekarang, berkat anime, film, buku (dibahas nanti), dan game (dibahas nanti), pikiran aku sedikit lebih baik bahkan sepertinya saya bakal keluar dari quarter crisis saya, mudah mudahan yaa 😁

Lanjut ke intinya ajalah, dulu kalo saya nonton film tuh gak ada genre yang jelas, apa yang ada nonton aja gitu.

Yang paling aku inget dan berkesan banget ya kayak petualangan sherina, the raid, baby’s day out, dan 2012.

Beberapa pernah aku mention di blog ini even the raid 2 pun pernah aku review di sini.

Tapi karena aku referensinya dikit banget ditambah lagi jarang nonton film, jadi aku ngerasa review aku tuh masih yang tergolong payah. Yang menurut aku bagus eh menurut orang lain malah biasa aja dan kurang detail.

Aslinya mau aku review filmnya satu satu tapi mungkin sebagai permulaan, aku kasih dua dulu deh. Kebetulan dua duanya ada di lungsuran laptop milik adek saya hahahahah Jadi tak tonton aja deh (maap ya deeek)

Searching

yang ini juga bagus kok :p

Sebenarnya udah lama tertarik sama film ini karena penasaran banget sama cerita bapak yang nyari anaknya yang hilang lewat media sosial.

Pas nemu ini di laptop itu aku seneng banget dan langsung nonton.

Kesan pertama adalah, sekilas sebelum nonton kan aku kira pemeran utamanya orang kaukasia, eh gataunya asian america (tepatnya korean descent) hahahahahah payah si Mira emang 😂😂😂😂

Terus kesan pertama lainnya tuh kayak langsung dimunculin wallpaper desktop standar ala microsoft haha. Terus dikasih liat youtube dan facebook jaman dahulu kala.

Adegan awalnya yaaa pas momen bapaknya, David Kim dan istrinya, Pamela Kim sama anak mereka, Margot Kim waktu masih kecil masih kinyis kinyis gitu.

Tapi abis itu emosional banget pas bagian bokapnya nempelin foto istrinya yang meninggal akibat kanker. Sebelumnya pas liat istrinya konsul ke dokter gitu agak ngenes banget sih.

Waktu berjalan dan Margot udah makin dewasa. Sosmed pun makin menjadi jadi seiring berjalannya waktu.

Tapi, makin dia dewasa, makin banyak yang dia tutupi dari bapaknya dan menurut aku sih lumrah karena ya memang kita makin punya privacy masing masing.

Sampai akhirnya dia mulai gabisa dihubungi setelah bokapnya ngingetin soal sampah buat terakhir kalinya.

Terus bokapnya find out kalo Margot boong soal duit dan dia ga kursus piano lagi sejak enam bulan yang lalu.

Hingga akhirnya Margot nelpon malam malam sampai tiga kali dan bokapnya pun makin freaked out gara gara Margot menghilang dan mulai mencari putrinya, satu satunya cara ya pake sosmed.

Keliatan banget kalo David overprotektif sama Margot dan Margot pun depresi apalagi dia selalu keingat kematian ibunya. Margot pakai sosmed untuk mengalihkan diri dari depresinya bahkan sampai mengkonsumsi ganja bareng sama adiknya David, Peter Kim.

Kemudian muncul seorang detektif terbaik (katanya) seantero California, namanya Rosemary Vick. Nah dia bakal berperan banyak sih tapiiii….

Selama pencarian selalu Vick taunya dari David dan Vick kayak gak ada usahanya sama sekali, dia kan posisinya detektif harusnya kan bisa menyadap internet lebih dalam ya daripada David, apalagi kan dia diari institusi kepolisian. Lah ini malah bikin David kesel dan sampai akhirnya…. jeng jeng jeeeng… BOOM!

….. Better nonton sendiri sih.

Sebenarnya sih plot twistnya ga terlalu twist banget karena aku udah curiga banget dari pas bagian David bilang anda selalu taunya dari saya! Nah dari situ udah ada hintnya tapi pas terakhir terakhir deh ntar kalian liat sendiri.

Kekurangannya sih yang pas face time bareng Margot itu harusnya jangan di zoom out bokapnya, lehernya Margot jadi keliatan banget dan jujur bikin aku mikir macam macam pas itu.

Terus ada sih sebenarnya kekurangan yang lain tapi adanya di plot twistnya jadi gabisa bicara banyak lah.

Selebihnya, not bad lah film ini. Mau komplen soal visual tapi kan judulnya website/sosial media jadi jangan ngarepin yang slow motion atau sinematografi ala film pada umumnya. Tapi, bukan berati kualitasnya parah banget yak kayak internet kalo lagi lemot di Indonesia wwwww

Overall, keren abis sih menurut aku. Seru bisa bikin aku fokus karena kita bisa liat dari layar sosmed seolah kita ikutan nonton/stalking apa yang terjadi sama Margot Kim sekeluarga.

Terus dari situ juga aku jadi tau sosmed yang aku gak tau sebelum sebelumnya kayak venmo, youcast, dan phone finder yang berbayar itu, haha

Dan yang paling penting, film ini juga nunjukkin drama sosmed yang sesungguhnya mulai dari yang depresi, click bait, nyomot foto model pasaran seenaknya, sampai yang paling ketara adalah panjat sosial salah satu teman Margot yang katanya gak deket dan irritated banget sama Margot, eh begitu kejadian Margot ilang langsung mewek di youtube…. Kayak awkarin dan ‘alasan kita putus’ wkwkwk

Selain Searching… Selanjutnya adalah….

The Commuter

Pas nemu di laptop aku tertarik karena judulnya yang commuter, sebagai penggemar kereta aku merasa terpanggil untuk nonton film ini.

Jadi, ceritanya tuh tentang seorang mantan polisi yang jadi agen asuransi dan dia biasa naik kereta setiap harinya, selalu turun di Grand Central Station.

Kesan awal aku malah disuguhkan dengan kondisi awal Michael (iya namanya itu) dan keluarganya. Gila kok dia mesra banget sama istrinya. Aku merasa tergarami.

Terus dia kan ke kantor kayak biasa, tapi taunya sampai di sana dia dipecat tanpa alasan yang jelas gitu.

Dia bingung gimana caranya kasih tau keluarganya soal itu akhirnya dia ke bar lalu ketemu rekannya yang bernama Murphy.

Ngobrol lama sama Murphy, eh dia disamperin sama mantan bosnya di kepolisian. Aku kira bosnya yang kayak nyirnyir gitu kalo diliat dari mukanya.

Abis itu pulang deh, nah pas perjalanan pulang dia ketemu ama cewek misterius namanya Joanna. Dia ngaku akademisi gitu dan dia nantang Michael buat tunjukkin siapa dia dengan nemuin duit di toilet dan kalo nemu bakal dikasih duit lagi. Karena Michael ngerasa butuh duit yaudahlah dilakuin.

Nah disitulah cerita mulai seru. Dia mulai diteror lewat GPS dan handphone pinjeman penumpang lainnya. Michael harus mencari siapa itu Prynne dimana Prynne itu menyembunyikan sesuatu sampai pemberhentian terakhir dan gaboleh keluar kereta.

Yang mana kalo dia gak nurut, keluarganya bakal dalam bahaya. Apalagi jleb banget kan pas dia nerima amplop berisi… cincin pernikahan istrinya. Nah loh.

Dengan menggunakan bakatnya sebagai (mantan) polisi dia nanya satu persatu penumpang siapa Prynne bahkan beberapa sampai baku hantam, berantem berdarah gitu.

Nah, aku paling ngilu pas bagian Michael bersembunyi di kolong kereta yang sempit udah gitu rodanya bergerak itu ngeri sih. Aku sampai skip bagian itu.

Abis itu nanti terungkaplah apa yang sebenarnya terjadi dengan Michael, rencana orang terlicik, dan yang paling innocent dalam kejadian ini. Yang paling penting adalah, kehidupan Michael setelah keluar dari misi tersebut. Yang menurut aku sih mendingan gitu ya.

Gara gara dua film ini, aku jadi punya genre yang jelas. Aku jadi tau mau nonton film yang seperti apa. Kalo aku sih…

Gabungan antara thriller, mystery, and action.

Aku paling suka sama genre itu. Apalagi melibatkan penyelidikan, detektif, seolah aku ikutan nebak siapa pelakunya dan mengapa dia melakukan hal tersebut.

Kalo kalian ada saran film semacam itu, kasih tau aku ya! Siapa tau bakalan suka juga 😊