Anime Review : Emiya-san Chi Kyou no Gohan

Yo!

Sekalian saya mau minta maaf karena tidak ada anime review 2018 seperti yang dijanjikan. Karena abis summer gitu langsung males nonton anime lagi. Terus, sepertinya bakal terlalu muluk kalo review pertahunan gitu. Makanya mulai dari sekarang, saya bikin satu satu deh. Kalo ada kebetulan yang saya tonton saya review saat itu juga.

Kebetulan saya teringat anime ini, yang sebenarnya saya tonton dari tahun kemarin. Hanya baru sekarang saya sempatkan nonton sampai selesai.

Alasan lain saya mau review satu satu begini biar ada bahan postingan juga πŸ˜› Lagipula saya pengen dalam sehari ga mikirin hal hal yang negatif dan gamau biarin pikiran saya kepikiran hal tersebut kalo ga ngapa ngapain. Soalnya saya memang sedang mengalami quarter life of crisis. Soal ini nanti dibahas kapan kapan deh kalo udah kelar.

Ya sudah, langsung saja.

Anime ini adalah alternate story dari Fate series dan saya sebenarnya suka fate series, walaupun lebih suka nontonnya yang kayak off story atau OVAnya (belum pernah nonton seriesnya), dan ini keluaran Type Moon juga sama dengan anime Fate yang lainnya.

Sesuai judulnya, anime ini jauh lebih fokus sama makanan dan minim pertarungan. Mereka lebih spesifik ke cara membuat suatu hidangan, atau singkatnya, resep masakan πŸ˜›

Kesan Pertama

Pertama kali nonton episode perdana, saya langsung berasa ini artnya beda sekali dibanding anime Fate pada umumnya.

Kalau mau dibandingkan, tubuh/wajah para bakal beda banget sih. Gak setajam animenya yang biasa. Tapi tampilan makanan dan latarnya oke banget kok. Masih standar anime pada umumnya lah.

Apalagi endingnya, menurut saya sih lebih ke arah warna crayon atau cat warna. Tapi ini bikin teduh sih.

Pas episodenya, setidaknya masih bisa edible lah buat ditonton. Not bad at all sih.

Storyline

Semua episode disini oneshot alias sehari selesai. Lebih lagi episodenya hanya muncul sebulan sekali mengikuti kalender sampai tamat. Mereka tamat pas 12 episode, persis jumlah bulan dalam setahun.

Ceritanya juga berbeda beda mengikuti musim atau event yang ada di Jepang.

Seperti penjelasan di awal, ceritanya lebih ke resep masakan. Sebagian besar resepnya ya masakan rumahan ala Jepang atau enggak masakan barat yang difushion ala ala Jepang… Tipikal sih.

Tapi gak boring kok, menunya beragam banget, kategorinya aja sih yang muter di situ aja. Daaan, tips memasaknya berguna banget, cara penyampaian resepnya juga mudah dicerna. Jadi bagi yang suka banget masak, suka banget jepang, dan pengen mendalami budaya Jepang, anime ini boleh banget sih. Itung itung buka wawasan tentang masakan Jepang lah.

Kekurangannya sih, waktu nyobain masakannya kayak gak ada variasinya buat review sih. At least jangan expect yang nyoba bakal detail banget ya kayak food vlogger πŸ˜›

Karakter

Yang ini nih yang menurut saya agak awkward. Terutama Rin dan Sakura yang aslinya musuhan kan? Ternyata mereka kayak akrab banget bahkan Sakura sampai manggil Rin dengan sebutan oneesan.

Gak ada yang salah sih. Tapi masalahnya Sakura jadi terlalu… apa yah menyanjung Rin banget, kagum banget lah. Padahal di anime Fate yang lainnya dia keobsesinya sama Shirou. Lah ini sama Rin wkwkwk Tonton deh episode 8, bakal ketara banget itu mereka.

Itu sih yang bikin awkward dan (terkadang) cringe juga kalo ketemu adegan gitu. Tapi bukan berati aku ga suka sama Rin ataupun Sakura sih.

Terus sisa karakternya dari segi sifat perilaku ga jauh beda sih sama animenya. Cuman, Saber ini. Dia masih kek awkward dan curiga kalo ketemu servant lain kayak Caster, Archer, apalagi Lancer.

Not to mention, Lancer di anime ini BANYAK BANGET arubaitonya. Hari ini jualan ikan, besok jadi pengantar bunga, terus besoknya lagi jadi pelayan cafe! LOL

Music

Jujurnya sih ga terlalu paying attention banget. Cuman opening dan endingnya menurutku catchy banget sih. Openingnya yang paling catching menurut aku.

Overall

Aku suka banget sih sama anime ini. Terlepas dari karakternya dan ceritanya yang cenderung gak ada konfliknya sama sekali. Ini anime yang relaxing but yet educating at the same time. Gitu aja sih.

Aih nonton ini jadi kangen Carnival Phantasm yang mana ini versi slengeannya anime Fate. Haha. Ntar akh wwwww

Leave a comment